Mitos Pengaruh Page Load Time Terhadap Posisi SERP

Mitos Pengaruh Page Load Time Terhadap Posisi SERP SEO
Mitos Pengaruh Page Load Time Terhadap Posisi SERP & SEO

Page Load Time atau Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengakses situs tersebut. Bisa juga diartikan sebagai ukuran (byte) suatu Blog.

Pertama, perlu saya ingatkan, post atau artikel kali ini saya tulis pada kategori : Mitos SEO.

Jadi, yang akan Anda dapat, jika membaca artikel ini sampai akhir adalah terbebasnya cara pikir Anda dari Ilmu SEO yang menyimpang atau bahasa halusnya Ajaran SEO yang sesat.

Sebenarnya, siapa sih yang mengatakan “Page Load Time mempengaruhi Search Engine Results Page (SERP)” atau pernyataan keliru yang sering kita dengar “Page Load Time mempengaruhi Search Engine Optimization (SEO)”.

Kembali ke pertanyaan, jika ditanya siapa pencetusnya ? ya tentunya saya akan menjawab Google. Iya si Pembuat Algoritma inilah biang keladinya.

Seingat saya pernyataan tersebut ditulis 2 Tahun yang lalu di Blog resmi milik Google, dan ini saya beri cuplikannya :

Today we're including a new signal in our search ranking algorithms: site speed.

Lebih kurang jika diartikan, Hari ini kami menambahkan sinyal baru (baca : bukan tower) pada mesin pencari kami, untuk menentukan peringkat suatu situs pada hasil pencarian, dan algoritma tersebut kami namakan: kecepatan situs (kok jadi panjang gini ya artinya).

Terlihat jelas kan bahwa Google mengatakan “kecepatan situs mempengaruhi hasil pencarian”. Dan lucunya ketika saya membaca hingga pertengahan artikel tersebut, mereka menulis, hal yang saya rasa sedikit mengglitik perut saya :

If you are a site owner, webmaster or a web author, here are some free tools that you can use to evaluate the speed of your site.

Jika dilanjutkan, tool yang disebutkan, ya cuma alat-alat yang dibuat oleh Google sendiri, diantaranya : Page Speed.

Lalu apa yang salah ? bukannya lebih baik jika Tool tersebut oleh Google ? ya, Anda benar, Google penguasanya dan mereka pun juga bisa dengan mudah merekayasanya.

Jika Anda sudah mencoba 5 Tool yang disebutkan Google pada Blog resminya tersebut, maka saya yakin Anda pasti akan sangat mengerti maksud dari perkataan saya diatas.

Ceritanya seperti ini, dahulu kala ketika saya membuka Akun Adsense dan melihat pada Kartu Skor

Kartu Skor Page Loading Time
Kartu Skor Page Loading Time

Pada gambar tersebut tertulis Kesehatan Situs saya hanya memperoleh 2 Poin dari maksimal 5 Poin yang artinya saya hanya mendapat nilai 40 untuk pengotimalan situs saya.

Dan disinilah lucunya, mereka menyarankan saya untuk menggunakan Page Speed, yang mana konon kata mereka Page Speed mampu membuat suatu halaman situs menjadi lebih cepat dan secara tidak langsung akan mempengaruhi SERP (karena loading blog ringan).

Yah, Iseng-iseng saya coba saja, dan hasilnya wala, sudah menunggu proses yang memakan waktu 3 Menit antri (ya, jika ingin menggunakan tool tersebut Anda harus antri dengan user lain, mirip pembagian sembako gitu).

Lalu hasilnya zonk, tidak ada pengaruh yang berarti untuk Blog saya, pada kecepatan loading maupun posisi SERP.

Lho, disini kan kita membahas hubungan posisi SERP dengan Page Load Time, kenapa bahas Tool Google ? Haha, Anda juga lucu, kita main logika saja, kenapa Google meluncurkan pernyataan resmi yang mengatakan “kami menambahkan algoritma baru, yaitu kecepatan situs”. Di sisi lain, saat itu tool Google yang bernama Page Speed diatas, sepi pengunjung. Dan setelah Google mengeluarkan pernyataan yang kebenarannya hanya Google dan Tuhan yang tahu, dengan sekejap Tool milik Google tersebut naik pangkat (peringkat) haha, lucu kan, padahal Tool tersebut entah apa bagaimana Cara Kerjanya, sehingga mampu mengubah posisi SERP + meringankan Situs.

Apa yang saya tulis ini sebenarnya juga didukung dengan apa yang ditulis oleh salah satu warga Moz.com. Zoompf... ya namanya Zoompf, dia juga membuktikan “Tidak Ada Korelasinya, Antara Page Load Time Dengan Posisi SERP ataupun SEO”.

Semoga kedepannya Anda lebih bijak dalam mencerna ilmu yang berkaitan dengan Belajar SEO pada khususnya.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Mitos Pengaruh Page Load Time Terhadap Posisi SERP di blog Tutorial Masa Kini jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :