Cara Mengembalikan Traffic Blog Yang Terkena Hummingbird

Cara+Mengembalikan+Traffic+Blog+Yang+Terkena+Hummingbird
Mengembalikan Traffic Blog

Traffic atau Lalu Lintas Pengunjung yang ada di Blog saya sejujurnya mengalami “sedikit” penurunan tapi mungkin bukan saya saja yang mengalaminya tapi hampir seluruh Blogger mengalami penyusutan Traffic atau Kunjungan.

Pertanyaanya adalah, Apakah penyebab semua ini ?

Sejauh yang saya dengar, permasalahan ini dikarenakan oleh Update Terbaru dari Algoritma Google, yaitu si Google Hummingbird.

Memang pada awal-awal peluncurannya ( 1 bulan yang lalu ) belum terasa efek atau dampaknya, tapi setelah berjalan 2 - 3 minggu setelah peluncuran, baru terasa sekali dampak si Hummingbird ini.

Kita semua tau, bahwa Algoritma Hummingbird ini memiliki Cara Kerja yang unik, seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya ( http://berguruseo.blogspot.com/2013/09/pengertian-singkat-apa-algoritma-google.html ) yaitu Menggunakan Sinonim ( persamaan kata )

Sebenarnya bukan saya yang “sok tau” mengatakan bahwa Hummingbird menggunakan sinonim dari apa yang Anda ketik. Tapi sang Matt Cuts lah yang mengatakannya.

”Keyphrases don’t have to be in their original form. We do a lot of synonyms work so that we can find good pages that don’t happen to use the same words as the user typed.”

Itu sedikit cuplikan perkataan yang saya ambil saat si Matt Cuts saat di Interview oleh Marketing Words.

Dan saya yakin Anda sudah maksud dari apa yang dikatakan Matt Cuts diatas bukan ? jika ada yang kesulitan, dengan ilmu bahasa inggris saya yang cupu ini, akan saya bantu sedikit menjelaskan kata-kata diatas.

”Kami menggunakan sinonim (persamaan kata) untuk menemukan halaman (web atau blog) yang berkualitas, tanpa harus berdasarkan atas apa yang pengunjung ketikkan.”

Intinya sih, Google tak lagi terpacu tentang apa yang Anda ketik.

Contoh sederhananya adalah, jika ada yang mengetikkan kata “SEO” di kotak pencarian.

Maka yang akan masuk pada halaman pertama Google, bukan blog atau web yang memiliki Kata kunci “SEO” yang banyak. Tetapi blog atau web yang menjabarkan apa itu SEO, bagaimana SEO bekerja, fungsi dari SEO, dan apapun yan berkaitan dengan SEO. Jadi disini Google tak lagi bermain dengan “banyak-banyakan” Kata kunci.

Kembali ke Topik atau Judul saya diatas, lalu bagaimana Cara Mengembalikan Traffic Blog Yang sudah terlanjur Terkena Algoritma Google Hummingbird ini ?

  1. Perbaiki Struktur Kata
    Saya sendiri mulai membongkar satu-satu dari semua Artikel yang sudah saya terbitkan, dan mengecek struktur (s-p-o-k) dari kalimat tersebut. Dan membenahi beberapa kalimat yang Typo.

  2. Tambahkan Beberapa Sinonim
    Sinonim pada kata kerja yang Anda tembak. Misalnya lagi tentang Mobil, jadi jabarkan apa itu mobil contohnya perbanyak kata “kendaraan beroda empat.”

  3. Ganti Dengan Template Yang Tertata
    Tertata disini maksudnya adalah Rapi. Usahakan pada sidebar blog tak lagi terpasang Widget-widget yan memusingkan pengunjung. Misalnya Anda bisa mengubah dengan menambahkan Popular Post atau Artikel Terpopuler (optional).

Ketiga Tips diatas sebenarnya saya ambil dari tujuan Hummingbird sendiri ya, jadi istilahnya kita menyesuaikan dengan Apa Yang Dimau Dari “burung” Hummingbird.

Lalu hasilnya bagaimana ?

Traffic Blog Beranjak Naik
Traffic Blog Beranjak Naik

Syukurlah, baru kemarin Anjlok ( tanggal 21 Oktober ) dan setelah 2 Hari saya permak Isi dan Tampilan Blog. Akhirnya sejak tanggal 23 Oktober jumlah Pengunjung perlahan mulai naik.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Mengembalikan Traffic Blog Yang Terkena Hummingbird di blog Tutorial Masa Kini jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :