Antivirus Gratis Terbaik di 2014 untuk Windows

Antivirus Gratis Terbaik di 2014 untuk Windows

Memilih mana Antivirus Terbaik bukanlah pekerjaan yang mudah, karena yang seperti kita semua ketahui, jumlah Aplikasi Antivirus di muka bumi ini ada banyak sekali. Menurut pantauan saya sudah ada 53 Antivirus yang sangat terkenal di pasaran.

Namun disini saya tidak akan menjelaskan ke 53 Aplikasi Antivirus tersebut, melainkan hanya akan saya ambil 10 Antivirus Terbaik versi saya sendiri.

Dan disini saya akan 'membagi' artikel ini menjadi dua bagian.

  • 10 Antivirus Gratis Terbaik di 2014 untuk Windows
  • 10 Antivirus Gratis Terbaik di 2014 untuk Android

Selain dari pengalaman, saya juga mengambil data Antivirus Terbaik dari situs toptenreview. Baik tanpa perlu berlama-lama langsung saja kita masuk pada pembahasan pertama yaitu Antivirus Terbaik untuk Windows.


10 Antivirus Gratis Terbaik di 2014 untuk Windows



Windows digadang-gadang sebagai Sistem Operasi yang sangat rentan akan virus, bukan karena keamananannya yang lemah, melainkan karena memang banyaknya pembuatan Virus yang sengaja dibuat untuk menyerang pengguna Sistem Operasi Windows.

Nah, dengan Antivirus inilah diharapkan pengguna Windows tidak lagi diselimuti ketakutan yang mencekam. Lantas apa sajakah Antivirus Terbaik yang sebaiknya digunakan untuk pengguna Windows 7 maupun 8 ? berikut data Antivirus Terbaik yang bisa Anda jadikan referensi untuk memilih Antivirus.


Eset Antivirus


Eset Antivirus
Eset Antivirus

Jujur saja, saya telah menggunakan Eset kurang lebih 1 Tahun yang lalu. Alasan utama saya memilih dan meletakkan Eset Antivirus di urutan pertama adalah karena Antivirus yang satu ini bisa dibilang Antivirus yang paling ringan dibanding pesaingnya, meski ringan bukan berarti Antivirus yang satu ini tidak 'garang' dalam menangkal virus. Karena, tercatat ratusan file yang terindikasi virus 'dimakan' habis oleh Eset Antivirus.

Kelebihan :
  • Ringan
  • Handal
Kelemahan :
  • Scan sedikit lama


Bitdefender Antivirus Plus


Bitdefender Antivirus Plus
Bitdefender Antivirus Plus

Antivirus dari Bitdefender ini juga tak kalah hebat dari Eset. Namun dibalik kehebatannya, Bitdefender Antivirus Plus memiliki kelemahan yang menurut saya cukup membuat penggunaanya tidak nyaman, yaitu penggunaan resource yang cukup besar, sehingga untuk komputer dengan spesifikasi rendah sebaiknya tidak menggunakan Antivirus ini, namun jika spec komputer Anda 'dewa' maka sah-sah saja jika ingin menggunakan Bitdefender Antivirus Plus.

Kelebihan :
  • Sangat kuat melawan Virus
  • Deteksi Malware yang terbaik
Kelemahan
  • Resource yang dibutuhkan cukup besar


Norton Antivirus


Norton Antivirus
Norton Antivirus

Antivirus terbaik diurutan ketiga adalah Norton Antivirus. Dulu saya juga sempat menggunakan Antivirus buatan Norton ini. Walaupun tidak seringan Eset namun tetap masih lebih ringan jika dibanding Bitdefender. Alasan utama kenapa saya dulu menggunakan Norton Antivirus adalah karena adanya fitur Internet Security, yang menurut saya, fitur tersebut sangatlah penting, mengingat pekerjaan saya sebagai seorang Internet Marketer yang mana dituntut untuk selalu terkoneksi dengan Internet.

Kelebihan :
  • Fitur Internet Security yang lengkap
  • Proses scan yang sangat cepat
Kelemahan :
  • Belum ditemukan


AVG Antivirus


AVG Antivirus
AVG Antivirus

Antivirus buatan AVG juga tak kalah hebatnya jika dibanding tiga Antivirus Terbaik yang sudah saya sebutkan diatas. Fitur Gamer Mode yang terdapat di AVG Antivirus lah yang bisa dibilang membuat saya jatuh hati untuk menggunakan Antivirus yang satu ini, selain itu desain Flat yang disuguhkan oleh AVG juga menambah kecintaan saya dengan AVG Antivirus

Kelebihan :
  • Fitur Gamer Mode yang bisa membuat antivirus menjadi ringan
  • Desain yang menarik dan user friendly
Kelemahan :
  • Protecion Score yang cukup rendah


F-Secure Antivirus


F-Secure Antivirus
F-Secure Antivirus

Mungkin Anda akans sedikit asing dengan Antivirus ini. Memang saya akui Antivirus yang dibuat oleh F-Secure ini tidak terlalu populer di Indonesia, tapi cukup populer di luar negeri. Alasan utama kenapa Antivirus ini bisa populer di Luar Negeri adalah karena kemampuan Anti Spyware yang dinilai sangat handal. Hal tersebut tentu diperlukan unutk mencegah Komputer kita diambil alih oleh orang tidak bertanggung jawab.

Kelebihan :
  • Fitur Anti Spyware yang super canggih
Kelemahan :
  • Internet Security yang cukup lemah karena tidak ada Anti Phising


Avast! Antivirus


Avast! Antivirus
Avast! Antivirus

Jujur saja saya belum pernah menggunakan Antivirus dari Avast!. Namun menurut review dari teman-teman saya di FB, Avast! Antivirus cukup ampuh untuk mengatasi baik Virus Mancanegara maupun Virus Lokal. Mengenai resource yang dibutuhkan, berdasarkan apa yang dikatakan teman saya hampir setara dengan Norton alias cukup ringan.

Kelebihan :
  • Ampuh melawan virus lokal maupun manca
Kelemahan :
  • Tidak ada fitur Live Chat untuk berkonsultasi


McAfee Antivirus


McAfee Antivirus
McAfee Antivirus

McAfee Antivirus dinilai sebagai Antivirus yang sangat baik dalam hal mengatasi Trojan. Karena tercarat perlindungan dari Trojan mencapai 92%. Untuk Anda yang asing dengan kata Trojan saya akan jelaskan sedikit. Trojan adalah Virus yang menyamar sebagai Aplikasi. Jadi Antivirus yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang gemar menginstall Aplikasi yang beredar di Internet.

Kelebihan :
  • Anti-Trojan yang sangat baik
Kelemahan :
  • Tidak ada Email Scans


Kaspersky Antivirus


Kaspersky Antivirus
Kaspersky Antivirus

Jika dilihat dari Ratings, sejujurnya Kaspersky ini setara dengan Bitdefender dalam hal perlindungan melawan Virus. Namun sayangnya jika dilihat dari segi Harga, Antivirus besutan Kaspersky ini dua kali lebih mahal jika dibanding Bitdefender yaitu sekitar $59.95 atau jika dirupiahkan mungkin senilai 700 ribuan.

Kelebihan :
  • Deteksi virus yang handal
Kelemahan :
  • Harga yang mahal
  • Resource yang cukup besar


Microsoft Security Essentials


Microsoft Security Essentials
Microsoft Security Essentials

Microsoft Security Esentials ( MSE ) perlahan mulai memperlihatkan taringnya. Tercatat terjadi peningkatan pengguna pada Antivirus buatan Microsoft ini. Alasan utama kenapa banyaknya pengguna yang beralih menggunakan MSE adalah karena Antivirus MSE ini Ringan, Gratis dan Cukup baik dalam melawan Virus.

Kelebihan :
  • Ringan
  • Gratis
Kelemahan :
  • Tidak terlalu baik dalam mendeteksi virus


Smadav


Smadav Antivirus
Smadav Antivirus

Antivirus Terbaik yang terakhir menurut saya pribadi adalah Smadav. Yap Antivirus yang dibuat oleh Remaja Indonesia ini sangatlah baik untuk melawan maupun mendeteksi Virus Lokal. Selain itu harganya yang gratis juga menjadikan Antivirus Smadav banyak diburu masyarakat Indonesia. Ditambah proses scan yang sangat cepat juga menjadi daya tarik tersendiri untuk menggunakan Smadav.

Kelebihan :
  • Proses Scan yang cepat
  • Handal melawan virus lokal
Kelemahan :
  • Lemah melawan virus mancanegara


Diatas sudah saya sebutkan 10 Antivirus Gratis Terbaik di 2014 yang kompatibel untuk Windows 7 & 8, dan untuk melihat Antivirus Terbaik di Android (mobile) silahkan klik link dibawah ini untuk membaca review lengkap saya.

Baca Juga
Antivirus Gratis Terbaik di 2014 untuk Android Antivirus Gratis Terbaik di 2014 untuk Android

Bukan hanya Windows saja yang harus dilengkapi Antivirus, Android pun juga perlu dipasangi Antivirus untuk mengamankan data dan infromasi yang ada di dalam Smartphone Android Anda.

Jujur saja, sebenarnya untuk mencegah Komputer atau Smartphone Anda terhindar dari serangan virus bukanlah hal susah dan juga tidak perlu susah-susah mencari Antivirus Terbaik. Karena kuncinya ada pada Anda sendiri, yaitu dengan memilah-milah dan tidak sembarangan menginstall Aplikasi.

Bukan berarti saya mengatakan Antivirus itu tidak penting ya, tetap penting, namun kendali tetap ada pada Anda.

Oke itu saja dari saya, semoga 10 Antivirus Terbaik diatas bisa bermanfaat untuk Anda yang sedang bingung memilih Antivirus untuk PC Desktop maupun Laptop PC.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Antivirus Gratis Terbaik di 2014 untuk Windows di blog Tutorial Masa Kini jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :