3 Cara Mengecek Untuk Mengetahui Posisi Web Blog di Google

Cara Mengecek Untuk Mengetahui Posisi Web Blog di Google
Cara Mengecek Untuk Mengetahui Posisi Web Blog di Google

Untuk melakukan pengecekkan posisi atau peringkat situs web blog sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita gunakan, dari mulai yang manual sampai dengan otomatis. Dan diartikel ini saya akan menjelaskan secara gamblang dari kedua teknik tersebut, baik yang manual maupun otomatis.

Jujur selama ini saya lebih senang untuk mengecek peringkat dari blog saya di Google secara manual, alasannya sederhana, karena saya ingin melihat siapa-siapa saja kompetitor saya, dan dari situ bisa saya buat kesimpulan, mulai dari mengumpulkan data Page Authorithy, sampai dengan peringkat Alexa lawan.

Intinya saya mendapatkan lebih banyak hal dari mengecek secara manual, namun saya jika kata kunci yang yang dicek terlalu banyak maka saya memilih untuk menggunakan software, karena dengan satu software kita bisa memasukkan lebih dari satu kata kunci bahkan bisa sampai 10 kata kunci sekaligus untuk dicek langsung secara bersamaan.

Dan di artikel ini saya sengaja akan memberika 3 Cara Mengetahui Posisi Web Blog, karena memang ada tiga cara utama yang biasa saya lakukan untuk mengecek posisi atau ranking blog saya di Google :

  1. Manual
  2. Software
  3. Online

Jadi ada metode yang biasa saya lakukan, yaitu yang pertama adalah mengecek posisi web atau blog secara manual, dan yang kedua adalah menggunakan software, dan yang ketiga yaitu dengan situs online. Penjelasan mengenai ketiga cara mengetahui posisi web blog tersebut, bisa Anda simak dibawah ini.

Cara Mengetahui Posisi Web Blog secara Manual


Cara ini mungkin dulu sudah pernah Anda ketahui yaitu menggunakan IP Addreas Google yang beralamatkan di 173.194.69.94 namun sekarang, entah kenapa IP tersebut tidak bisa diakses lagi, saya sudah membukanya dari berbagai browser baik opera maupun chrome dan hasilnya sama saja, tertulis This webpage is not available yang artinya mungkin sudah dihapus oleh Google atau apa saya kurang tahu pasti.

Cara Mengetahui Posisi Web Blog secara Manual
Cara Mengetahui Posisi Web Blog secara Manual

Namun jangan khawatir, meskipun IP 173.194.69.x sudah tidak bisa diakses namun masih banyak IP Address Google lain yang bisa gunakan, diantaranya adalah :

74.125.227.0

Sekedar informasi untuk Anda yang belum terlalu paham maksud dari tiap-tiap IP tersebut, saya akan menjelaskan secara singkat.

Speperti yang kita semua tahu, bahwa Google telah menggunakan cache dan cookies dalam memberikan sebuah hasil dalam pencarian, jadi misal Anda sering mengunjungi situs A, maka ketika Anda mengetikkan kata kunci tertentu, maka situs A ini akan berpeluang besar muncul di halaman pertama Google, itu semua karena Cache dan Cookies, dan bisa dibilang kedua hal itulah yang membuat hasil pencarian menjadi tidak natural karena telah 'terkontaminasi' dengan Cache dan Cookies.

Solusi dari semua itu adalah menggunakan IP Address Google, dimana hasil pencarian akan kembali normal, tanpa adanya campur tangan Cache dan Cookies, jadi hasil pencarian akan sangat relevan dengan kata kunci yang Anda masukkan.

Cara Mengetahui Posisi Web Blog dengan Software


Ada banyak software yang bisa Anda gunakan, namun saya lebih suka menggunakan software seo CuteRank, karena saya merasa software tersebut cukup ringan ditambah harganya yang gratis memantapkan saya untuk menggunakan software CuteRank.

Fitur yang diberikan sangat lengkap, karena terdapat banyak sekali search engine yang bisa dicoba, jadi tidak hanya untuk mengetahui posisi web blog di Google namun juga bisa mengecek posisi blog kita di Bing atau Yahoo Search.

Selain itu kita juga bisa malakukan bulk checker yang meungkinkan kita untunk melakukan pengecekkan lebih dari satu kata kunci, fitur ini jelas akan sangat membantu dan memudahkan bagi Anda yang sedang 'nembak' banyak keyword dalam satu blog.

Cara Mengetahui Posisi Web Blog dengan Software
Cara Mengetahui Posisi Web Blog dengan Software

Cara penggunaan software CuteRank bisa dibilang sangat mudah, yaitu dengan membuat profil baru, caranya :

  1. Klik New Profile
  2. Masukkan alamat blog
  3. Pilih search engine, bisa google.co.id atau google.com
  4. Klik Ok

Selanjutnya tinggal tambahkan kata kunci yang ingin dicek.

Cara Mengetahui Posisi Web Blog secara Online


Untuk mengetahui peringkat atau ranking Blog secara Online saya biasa menggunakan SEO Centro Rank Checker (http://www.seocentro.com/tools/search-engines/keyword-position.html), yang saya suka dari Tool Online ini adalah karena situsnya ringan dan juga cepat dalam melakukan proses pengecekkan. Meskipun hanya menampilkan 50 pencari teratas, namun tetap tidak mengurangi rasa kecintaan saya pada tool yang satu ini.

Cara Mengetahui Posisi Web Blog secara Online
Cara Mengetahui Posisi Web Blog secara Online

SEO Centro Rank Checker juga akan melakukan pengecekkan untuk di tiga mesin pencari terbesar saat ini, yaitu Bing dan Yahoo! jadi kita bisa tahu posisi ke berapa blog kita bukan hanya di Goolge namun juga Bing dan Yahoo!.

Tool Online ini bisa Anda gunakan secara gratis, jadi mau chcek 20 domain dengan 20 keyword yang berbeda sekalipun bisa, dan Anda tidak perlu memikirkan biaya untuk upgrade atau semacamnya.

Cara Mengecek Untuk Mengetahui Posisi Web Blog di Google yang saya tulis diatas, ketiganya sudah lama saya coba semua, dan jika ditanya mana yang terbaik, jujur saya tidak bisa menjawab, karena ketiga metode tersebut memiliki kelebihan dan juga kelemahan. Namun jika boleh jujur saya lebih sering menggunakan IP Address Google untuk melakukan pengecek.an ranking atau posisi Blog saya berada di halaman berapa.

Itu saja penjelasan singkat saya mengenai Cara Mengecek Web Blog utnuk mengetahui posisinya di Google. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat untuk Anda.
Terima kasih telah membaca artikel tentang 3 Cara Mengecek Untuk Mengetahui Posisi Web Blog di Google di blog Tutorial Masa Kini jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :